Cara Membuat Crepes Ala Perancis

Buku Makanan - Kue Crepes merupakan salah satu macam kudapan yang sangat digemari banyak orang. bentuk kuenya yang tipis dan garing serta mempunyai berbagai macam varian isi dan toping membuatnya digemari oleh semua orang.


Kue Crepes ini merupakan jajanan yang asalnya dari benua Eropa namun sudah tersebar ke seluruh negara di dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang berasal dari bahasa Perancis, crispa. Jika dilihat selintas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk sebab ketika disajikan, adonan kue crepes ini telah dilipat-lipat dahulu.

Jenis Kue Crepes

Sejak awal kemunculannya sampai sekarang, crepes bisa dikategorikan menjadi 2 jenis yang berbeda. Jenis yang pertama yaitu crepes manis. Seperti namanya, kue crepes memakai tambahan bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan sebagai tambahan pada crepes manis antara lain seperti es krim, sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, dan masih banyak lagi. Karena rasanya manis, crepes jenis ini sangat digemari oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk macam kue crepes kedua adalah crepes gurih/asin atau sering disebut crepe salee. Sesuai namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya bersumber dari bahan-bahan seperti telur, keju, jamur, bayam dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pertama kalinya. Kue Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung terigu, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu penganan yang sangat populer dan digemari oleh orang dewasa maupun anak-anak, wajar bila kita dapat menjumpai penjual crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli kue ini kalau cuma untuk dapat menikmati renyahnya kue crepes.
Anda bisa membuatnya sendiri di rumah Anda dengan mengikuti resep crepes yang kami sajikan dibawah ini. Bahan-bahan yang diperlukan sangat gampang diperoleh dan peralatan yang digunakan juga pastinya sudah ada di dapur Anda.

Bahan-bahan Pembuatan Crepes


  • 100 gram tepung gandum protein sedang
  • 150 ml susu cair. Anda bisa mempergunakan susu sapi cair atau dapat juga memakai susu bubuk yang telah dicairkan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.
  • 1 butir telur.
  • Margarin secukupnya (kira-kira 1 sendok makan saja). Mentega yang ada dilelehkan terlebih dahulu lalu disisihkan.
  • 1/2 sendok teh baking powder.

Bahan Isi Kue Crepes

Bahan yang dipergunakan untuk resep crepes bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda misalnya saja buah pisang yang telah dipotong kecil-kecil, selai coklat, keju, choco chip, meses, susu atau bahan-bahan lain yang bisa dipergunakan sebagai toping secara terpisah atau dicampurkan untuk memperoleh rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Crepes Ala Perancis


  1. Kocok telur dan susu yang ada dengan memakai whisk sampai tercampur rata dan berbusa. Usahakan untuk mengocok hingga adonannya berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap lentur.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda memasukkan tepung gandum sambal diayak supaya tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pencampuran menjadi mudah. Aduk terus hingga rata.
  3. Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi kemudian aduk lagi sampai merata.
  4. Tuangkan mentega yang telah dicairkan sebelumnya, aduk lagi hingga rata.
  5. Siapkan wajan yang akan dipergunakan sebagai alat membuat crepes ala Perancis. Anda dapat mempergunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan teflon yang telah tersedia. Sebelumnya panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
  6. Setelah wajannya panas, angkat terlebuh dahulu dari perapian, lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan hingga adonannya merata dan tipis.
  7. Setelah itu letakkan lagi wajan di atas kompor. Ingatlah untuk memasak kue crepes dengan menggunakan api kecil agar adonan crepes matang sempurna.
  8. Sementara adonan masih dipanaskan, taruh bahan isian (toping) di atasnya misalnya potongan buah pisang kemudian diberi meses dan keju parut.
  9. Setelah itu lipat crepes menjadi dua bagian, kemudian dilipat sekali lagi hingga membentuk segi tiga.
  10. Kue crepes siap untuk disajikan.

Demikian cara membuat crepes ala Perancis sederhana yang bisa dikerjakan di rumah Anda. Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Adbox