Resep dan Cara Membuat Qishr Khas Yaman

Buku Makanan - Qishr adalah minuman panas tradisional Yaman. Biasanya dibuat dengan bumbu kopi dibumbui, jahe, dan terkadang rempah-rempah lainnya seperti kayu manis. Minuman ini menjadi favorit di kalangan orang Yaman dan sering disajikan sebagai pengganti kopi karena harganya jauh lebih murah dan meminimalkan limbah. Dalam resep tradisional, cangkang (atau sekam) kopi digunakan bukan biji kopi, yang menghasilkan rasa lebih ringan dan mirip teh dengan lebih sedikit kafein daripada kopi.



Qishr telah menjadi bahan pokok dalam budaya Yaman sehingga dikatakan bahwa tindakan pembuatan minuman itu adalah ritual tersendiri. Meski prosesnya sederhana, sudah pasti tidak ada yang mengaturnya dan melupakannya seperti menggunakan pembuat kopi tetes otomatis Anda. Hal ini membutuhkan membawa bahan ke mendidih mendidih kemudian membiarkannya beristirahat dari panas setidaknya tiga kali untuk mengeluarkan rasa. Qishr juga membawa sangat penting dalam budaya Yaman sebagai persembahan keramahan. Para tamu sering ditawari qishr saat berkunjung dan dilayani saat bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Ini juga merupakan pilihan minuman makan setelah makan yang sesuai karena ramuannya yang sederhana diketahui membantu pencernaan.

 Saat ini, banyak yang membuat qishr dengan biji kopi bubuk bukan kopi, karena lebih mudah tersedia. Dalam budaya barat, qishr telah dikenal sebagai kopi jahe atau kopi jahe berbumbu jika rempah-rempah lainnya ditambahkan. Resep ini hanya membutuhkan 4 bahan, namun bisa ditambahkan untuk keseimbangan rempah-rempah yang berbeda. Beberapa seperti kopi jahe mereka sangat manis sementara yang lain menikmati menambahkan unsur krim dengan susu (dikenal sebagai
bunn halib , atau kopi susu).

Apa yang Anda perlukan


  • 1 cangkir air
  • 6 sendok teh kopi (penggilingan halus)
  • 4 sendok teh gula
  • 1 1/2 sendok teh jahe tanah

Cara Membuatnya


  1. Dalam ibrik tradisional atau panci kecil menggabungkan semua bahan.
  2. Bawalah campuran itu sampai mendidih dan angkat dari api.
  3. Begitu kopi berhenti mendidih, kembali ke stovetop dan biarkan mendidih sekali lagi. Angkat dari api dan ulangi.

Tip Penyajian dan Presentasi:

Untuk presentasi tradisional, layani kopi jahe dalam cangkir demitasse kecil. Minuman itu berarti dinikmati di teguk kecil. Pastikan untuk membiarkan kopi duduk di cangkir paling tidak satu menit sebelum disajikan untuk membiarkan grinds jatuh ke bawah.

Cook's Note:

Jika kopi memiliki rasa jahe yang terlalu banyak untuk preferensi Anda, Anda dapat menambahkan 1/2 sendok teh kayu manis atau poliam kapulaga saat memasak.

1 comment:

Adbox